Mengubah Warna Teks dan Background pada Command Prompt

Command Prompt atau CMD mempunyai warna default, yaitu hitam untuk background dan warna putih untuk teksnya. ada beberapa pilihan warna untuk background dan text di Command Prompt, warna-warna tersebut dilambangkan dengan huruf atau angka. jika kalian merasa bosan dengan warna tersebut kalian bisa menggantinya dengan perintah “color”. untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mengetik “help color”, maka akan keluar daftar warna dan cara penggunaannya.
Untuk penggunaannya kalian bisa mengetik color lalu ketik digit pertama untuk warna backgroundnya lalu digit kedua untuk warna teksnya. contoh “color 0a” menghasilkan background hitam (0 = Black) dan menghasilkan warna text hijau terang (a = Light Green).
Jika kalian ingin mengganti background Comand Prompt atau CMD secara permanen, klik ikon cmd di pojok kiri atas lalu pilih properties, maka akan keluar jendela properties, di sini kalian bukan hanya bisa mengganti warna, kalian juga bisa mengganti font, ukuran font, ukuran cmd dan lain-lain.


untuk mengganti warna klik menu colors, disana kalian bisa memilih warna yang kalian inginkan. lalu klik ok. maka setiap kalian membuka cmd maka warnnya akan sesuai dengan yang kalian setting di properties. namun jika kalian ingin mengganti warna untuk satu jendela cmd saja, cukup dengan perintah color yang sudah dijelaskan di atas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »